Satu Bocah Positif Covid-19, 160 Warga Gorontalo Reaktif Rapid Test


GORONTALO – Kasus pasien positif di Gorontalo terus bertambah. Kemarin, (28/4) hasil labratorium Makassar mengkonfirmasi total pasien Positif Gorontalo mencapai 15 orang. Pasien 15 merupakan anak dari pasien 05 dan 06.

Juru bicara gugus tugas Gorontalo, dr. Triayanto Bialangi mengatakan, konfirmasi positif pasien 15 diketahui usai melakukan uji swab sebanyak dua kali. Hasil pemeriksaan pertama bersama kedua orang tua menujukan negatif. Namun, karena pasien menderita demam dan kejang, pihak rumah sakit melakukan pemeriksaan yang kedua kalinya dan menujukan hasil negativ. Hinga kini pasin 15 masih medapat perawatan intesif di RS Aloei Saboe. “Kondisi kesehatan pasien dalam keadaan baik, pasien memiliki riwayat perjalanan dari Nunukan,” ujar Triayanto.

Balai Pengawasan Obat dan Makanan di Gorontalo hingga kini sudah memeriksa 76 spesimen dari hasil rapid tes sebelumnya. Sampel spesimen pasien 07 dan 09 diambil kembali untuk diuji di BPOM Gorontalo. Kedua pasien tetap menujukan hasil positif, namun bukan ketambahan kasus baru. HIngga kini gugus tuga masih menuggu 116 spesimen yang masih dalam tahap pemeriksaan BPOM Gorontalo.

Sementara itu, proses rapid tes masal masih terus berjalan di kabupaten dan kota di Gorontalo. HIngga kini warga yang sudah melakukan rapid tes mencapai 6189 orang dengan hasil reaktiv Covid-19 mencapai 160 dan nonreaktiv mencapai 6029 orang. Pemerintah masih melakuka rapid diberbagai wilayah di kabupaten dan kota Gorontalo secara gratis. Petugas yang melakukan rapid sudah mendapat pelatihan khusus dari tim gugus tugas. Total petugas khusus rapid sebanyak 30 orang, sementara untuk swab tes sudah 18 orang.(tr-69)

Social profiles